Sabtu, 08 Maret 2008

SIDE MUSIC PROJECT


Tahun 2007 ini, jadi suatu pembuktian bagi beberapa musisi untuk berunjuk gigi di luar band mereka. Ahmad Dhani sukses dengan Ahmad bandnya, pernah muncul di masa transisi DEWA19. begitupun Yovie widianto dengan the Nuno-nya, sukses menggarap proyek sampingan diluar KAHITNA.

Di tahun inipun salah satu founding father DEWA 19, Andra, membuat side music project dengan the backbone-nya. JAGOSTU, side band Eross Candra gitaris dan juga motor dari SHEILA ON 7. Krisna “ada band” dengan NEW SPECTRUM-nya. And thelast but not least The Rock, produk baru “Mr Arogan” Ahmad Dhani.

Andra and The Backbone.

“…sakit hatiku, remuk jantungku…” yupz, sobat JC pazti hapal dengan penggalan lirik “Musnah” dari Andra and The Backbone. Lagu yang menjadi first single Andra and The Backbone. Musik yang berbeda dengan apa yang dibuat Andra untuk DEWA 19, memang pertama terdengar memebosankan. Tapi inilah kunci musik Andra and The backbone di album pertamanya.

Dalam album ini Andra mengajak Stevie Item (gitar), anak dari gitaris Jazz handal Yopie Item dan juga sebagai additional player dari DEWA 19. untuk vokal ada Dedi Lisan, mantan wartawan yang menarik perhatian Andra. Dalam album ini, Andra mengajak Yoyo “Padi” untuk mengisi track drum di hampir seluruh lagu, kecuali perih yang diisi oleh Tyo Nugros.

Album yang berisi dua belas track plus satu track instrumental gitar surrender, yang mematenkan Andra sebagai pengagum dari Joe Satriani salah satu virtuosso gitaris dunia. Dari keseluruhan warna dalam album ini cenderung pop-rock alternativ bergaya Foo Fighter.

JAGOSTU

Jagostu side project dari gitaris dan drummer So7, Eross dan Bryan. Pada awalnya ide pembauatan album ini bukanlah sebagai band sampingan melainkan proyek solo dari Eross, karena banyak lagu Eross yang tak masuk dalam album So7. dalam album ini, Eross selain mengajak Bryan, ia juga mengajak Helmi, vokalis band ZEN, salah satu Dream Bnad dari Yogya, dan Alam teman nonkrong di studio.

“Ampun dj” yang dijagokan dalam album ini, terasa sangat liar dalam berlirik, namun masih bertaste So7 dalam musik, Begitupun “mau tak mau”. Dari keseluruhan Musik dan lirik yang dimainkan dalam album ini memang lebih liar dari album So7, tapi lagu yang dijadikan andalan di album ini masih bertaste So7.

Jagostu sendiri pada awalnya tanpa makna yang berarti, lalu Eross mengartikan dengan Jagoan Nomor Satu. Tapi ada arti singkatan lain yang cukup nakal dari Jagostu, Jaga-jaga kalo sheila tutup. Well shit, mudah-mudahan itu hanya candaan saja.

The Rock

Inilah Produksi baru dari Ahmad Dhani. Berbeda dengan side music project dari Andra, The Rock beranggotakan personil dari dari dua negara yang berbeda, Indonesia dan Australia. Selain Ahmad Dhani, Mark William, Zachari Haidee, Michael Bennet, Clancy Alexander Tucker yang asal Australia menjadikan The Rock berbeda dengan Band Indonesia lainnya.

Master Mister Ahmad Dhani, album pertama dari The Rock. Masih menggunakan sebagian lagu DEWA 19, seperti Arjuna yang berirama swing. Di album ini Dhani sepenuhnya sebagai Director dan produser, sedangkan personil The Rock lainnya mengikuti. Munajat Cinta, sebagai first single, langsung bisa diterima pendengar musik Indonesia. Musik dan lirik Munajat Cinta masih satu warna dengan DEWA 19, tapi album ini menampilkan musik yang berpariasi secara keseluruhan.

Krisna and new spectrum

Ini dia proyek solo Krisna “ada band” yang diberi nama New Spectrum. Dalam album ini Krisna vokalis-vokalis baru ataupun lama, seperti Ian Kasela, Aji Dygta Zacky Kapten. Kau buatku Menangis yang diisi vokal oleh Dudi The Nuno, masih berwarna ada band, hanya corak vokal yang lebih serak dari Doni. Dalam album ini ada satu lagu yang dinyanyikan oleh zacky Kapten Bersama Happi Salma, menarik bukan?.

Rahasia Indah yang diisi vokal oleh Ale, pendatang baru yang jadi second single, lagu yang paling beda dari album ini, terdengar catchi dan Fresh dari lagu-lagu Krisna lainnya.

Dalam album ini Krisna beratraksi lewat light overtunes yang menampilkan lagu-lagu lama ada band yang ngehits secara medley.

Tidak ada komentar: