Senin, 10 Maret 2008

HIV / AIDS

HIV/ AIDS

Fenomena HIV/AIDS sejak awal kemunculan menjadi menarik perhatian dan menjadi perdebatan sejak awal epidemi ini ditemukan. Kasus AIDS pertama kali muncu di Amerika Serikat, pada tahun 1981. tapi apa itu HIV?AIDS itu sendiri dan bagaiman cara penularan virus tersebut?

HIV berarti Human Iimmunodeficienci Virus dan AIDS, Acquire Immunedeficiency syndrome. HIV yang menyerang sistem kekebalan tubuh pada manusia. Perbedaan antar HIV dan AIDS adalah seorang yang terinfeksi HIV dapat tetap sehat bertahun-tahun tanpa ada tanda fisik atau gejala infeksi. Apabila gejala mulai muncul, orang disebut mempunyai ‘infeksi HIV bergejala’ atau ‘penyakit HIV lanjutan’. ‘AIDS’ merupakan definisi klinis yang diberikan kepada orang terinfeksi HIV.

Definisi AIDS, kadang tergantung pada tes laboratorium yang terdapat di negara-negara berkembang. Tapi orang yang terinfeksi AIDS yaitu, yang mempunyai sel CD4 dibawah 200, sel CD4 yaitu sel darah penyerang infeksi yang diserang dan dibunuh oleh HIV.

HIV adalah bagian dari kelompok virus yang disebut lentivirus. Lentivirus seperti HIV ditemukan dalam lingkup luas primata non Manusia. lentivirus yang lain, diketahui secara kolektif sebagi virus monyet atau dikenal danagan SIV (simian immunodeficiency virus).

Lalu melalui apa HIV menular? HIV menular melalui hubungan sex tanpa Kondom, transfusi darah yang tertular HIV, alat suntik atau alat pengobatan yang sudah terinfeksi HIV, bayi yang menyusui melalui ibu hamil.

HIV tidak ditularkan melalui, air liur/ ludah, air mata, muntahan, kotoran manusia, air kencing, sentuhan dengan orang yang terkena HIV, nyamuk dan serangga penghisap darah.

Tidak ada komentar: